Profil

 FAKULTAS, PROGRAN STUDI / JURUSAN

Pada tahun akademik 2013/2014 ini, IKIP PGRI Wates memiliki 2 (dua) fakultas dan 3 program studi yaitu :

1.    Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)

Prodi : Bimbingan dan Konseling

Prodi: PGSD S1

2.    Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FP IPS) dengan Jurusan/Program Studi Pendidikan Sejarah.

Prodi Bimbingan dan Konseling serta Prodi Pendidikan Sejarah keduanya menyandang akreditasi B, sedangkan untuk Prodi PGSD S1 berakreditasi C.

KEADAAN DOSEN

Dosen IKIP PGRI Wates terdiri dari : Dosen Yayasan (terdiri dari Dosen Tetap Yayasan dan Dosen Yayasan Tidak Tetap), Dosen Negeri yang dipekerjakan di IKIP PGRI Wates, Dosen Luar Biasa dari Universitas Negeri Yogyakarta

Adapun perincian dosen-dosen tersebut adalah sebagai berikut :

1.      Dosen Tetap Yayasan                                     :           11 orang

2.      Dosen Negeri yang dipekerjakan             :           20 orang

3.      Tenaga Pengajar                                              :           13 orang

Jadi jumlah dosen keseluruhan adalah         :     44 orang

Pada tahun 2014 IKIP PGRI Wates kehilangan dosen DPK untuk mendahului kita pulang kehadiratNYa, Mari kita doakan bersama mudahan-mudahan alamal baktinya bisa diterima di sisihNYa dan beliau dimasukan dalam surga. Amiinn.

Dari data dosen tersebut di atas jabatan fungsional dosen yang telah dimiliki :

  1. Lektor Kepala                                           :     10 orang
  2. Lektor                                                          :     11 orang
  3. Asisten Ahli                                              :       3 orang
  4. Tenaga Pengajar                                      :     21 orang

Tenaga Pengajar adalah tenaga akademik (dosen) yang belum memiliki jabatan fungsional dosen. Dari data di atas maka Tenaga Pengajar menduduki ranking teratas. Ke depan Tenaga Pengajar ini terus kita dorong agar mereka segera mengusulkan  jabatan fungsional dosen tersebut.

Perlu kami laporkan pula bahwa dari 44 dosen tersebut, 17 diantaranya telah lulus sertifikasi. Bagi Bapak / Ibu dosen yang belum mendapat giliran, kami persiapkan untuk  mengikuti program sertifikasi dosen pada tahap berikutnya.

Jika ditinjau berdasarkan kualifikasi tingkat pendidikan dosen maka :

  1. Strata 1                :  10  orang
  2. Strata 2                :   32  orang
  3. Strata 3                :     3  orang

Pada tahun 2014 dosen IKIP PGRI Wates yang menempuh pendidikan lanjut sebagai berikut :

1. Jenjang S2             :  4 orang

2. Jenjang S3             :  3 orang

 

Melihat data dosen sebagaimana tersebut di atas maka ke depan secara bertahap diupayakan peningkatan kualitas dan kuantitasnya.

 

 KARYAWAN

Keadaan  saat ini karyawan di IKIP PGRI Wates berjumlah 22 orang (Laki-laki : 17 orang; Perempuan : 5 orang) Tingkat pendidikan karyawan : S1 : 5 orang, Sarjana Muda / DIII.: 1 orang, SLTA : 13 orang, SLTP : 1 orang, dan SD : 2 orang. Dengan melihat data tersebut, dengan memperhatikan tuntutan perkembangan, maka kuantitas dan kualitas karyawan tersebut terus ditingkatkan.

MAHASISWA

Jumlah mahasiswa IKIP PGRI Wates pada Tahun Akademik 2013/2014 adalah 1.029 orang, suatu jumlah yang cukup besar bagi suatu lembaga pendidikan tinggi dewasa ini, yang memiliki 3 Program Studi.

LULUSAN

Kualitas penyelenggaraan suatu lembaga pendidikan antara lain dapat diukur berdasarkan jumlah lulusan dari lembaga pendidikan itu. Sampai usia 46 tahun saat ini IKIP PGRI Wates telah meluluskan Sarjana Strata Satu (S.1) sebanyak 5.319 orang.  Gambaran lulusan IKIP Wates dari tahun ke tahun dapat dikemukakan sebagai berikut :

 

No.

Hingga Tahun Akademik

Jumlah Seluruh

Keterangan

1.

2007/2008

3.795

 

2.

2008/2009

4.018

 

3.

2009/2010

4.245

 

4.

2010/2011

4.525

 

5.

2011/2012

4.806

 

6.

2012/2013

5.159

 

7.

2013/2014

5.281

 

 

Sebagian besar alumni IKIP PGRI Wates bekerja dibidang pendidikan, dan alumni IKIP PGRI Wates terhimpun dalam Ikatan Keluarga Alumni (IKA) IKIP PGRI Wates. Dalam proses rekrutmen IKIP PGRI Wates, alumni mempunyai adil besar dan merupakan patner utama dalam mempromosikan IKIP PGRI Wates baik di tingkat Daerah maupun Nasional.

 

    SARANA DAN PRASARANA

  1. Perpustakaan

Perpustakaan adalah sangat penting dalam kehidupan suatu perguruan tinggi, bahkan merupakan jantungnya perguruan tinggi. Kami berusaha menambah buku-buku perpustakaan agar kebutuhan mahasiswa dan dosen dapat terpenuhi. Sekarang ini buku-buku yang telah dimiliki dan tersimpan di perpustakaan terdiri dari 5.134 judul buku berjumlah 13.536 eksemplar.

  1. Tanah Kampus dan Bangunan

Tanah IKIP PGRI Wates seluas 8.440 m2 , terdiri 5.000 m2  di lokasi ini, 2.000 m2  sewa bekas SMA, dan di atas tanah tersebut telah dibangun Kampus IKIP PGRI Wates yang terdiri dari :

1.      Ruang Kuliah                                              :     1102 m2

2.      Ruang Perpustakaan                               :         64 m2

3.      Ruang Administrasi                                 :         96 m2

4.      Ruang Dosen                                              :       160 m2

5.      Ruang Tamu                                                :         64 m2

6.      Ruang Pimpinan                                        :         64 m2   

7.      Ruang Pertemuan                                     :         64 m2

8.      Ruang Kegiatan Mahasiswa/Aula       :       328 m2

9.      Ruang Koperasi                                          :         64 m2

10.  Ruang Ibadah                                              :       190 m2

11.  Ruang Laboratorium 2 prodi                  :     230 m2

I.      PENYELENGGARAAN TRI DARMA PT

Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan acuan pokok dalam penyelenggaraan pedididikan di suatu lembaga pendidikan tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Ketiga dharma tersebut dalam operasionalnya dilaksanakan secara seimbang. Berkait dengan penyelenggaraan kegiatan tersebut berikut ini kami laporkan sebagai berikut :

A.    Bidang Pendidikan dan Pengajaran

        Kami menyadari bahwa bidang pendidikan dan pengajaran  adalah hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, terutama dalam kaitannya dengan kurikulum. Kurikulum yang dikembangkan oleh suatu lembaga pendidikan (termasuk pendidikan tinggi) besar pengaruhnya terhadap keluaran  (out put) oleh suatu lembaga pendidikan tersebut. Kenyataan menunjukkan  bahwa dunia terus mengalami perubahan, maka dalam penyelenggaraan pendidikan kurikulum terus disesuaikan dengan perubahan dimaksud. Di samping aspek kurikulum, IKIP PGRI Wates  senantiasa berusaha untuk meningkatkan kwalitas pendidikan, dengan cara:

1.   Meningkatkan disiplin kerja bagi para dosen sehingga tidak ada jam-jam kuliah kosong yang sangat merugikan mahasiswa. Jika ada jam kuliah yang kosong, dosen yang bersangkutan perlu mengganti pada jam kuliah lain, sehingga target perkuliahan dapat tercapai.

2. Meningkatkan disiplin terhadap para mahasiswa dalam mengikuti kuliah, dan bagi mahasiswa yang kurang memenuhi syarat mengikuti kuliah dilarang mengikuti Ujian Akhir Semester.

3.    Para dosen diharapkan memberi tugas-tugas mandiri kepada para mahasiswa.

4.  Meningkatkan kesejahteraan dosen sesuai dengan jabatan akademik yang dimiliki dengan harapan akan dapat memacu kenaikan jabatan akademik bagi para dosen.

5. Memberikan kesempatan kepada para dosen untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

6. Memberi kesempatan kepada para dosen untuk mengikuti kegiatan ilmiah baik di dalam maupun di luar kampus.

7. Menambah sarana dan prasarana pendidikan berupa buku-buku perpustakaan, ruang kuliah, laboratorium serta alat-alat lainnya baik perangkat keras maupun perangkat lunak.

8.  Penunjukkan sekolah-sekolah laboratorium sebagai tempat PPL dan penunjuk sekolah-sekolah sebagai tempat bhakti masyarakat.

B.     Bidang Penelitian  

   Penelitian adalah kegiatan yang sangat penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan hal ini merupakan tugas dari Perguruan Tinggi. Di samping itu para dosen kami harapkan untuk menulis karya ilmiah. Dalam rangka mendorong kegiatan penelitian ini, kami berusaha untuk memfasilitasi para dosen peneliti dengan menyediakan anggaran yang tercantum dalam APBI IKIP PGRI Wates

C.     Bidang Pengabdian pada Masyarakat

   Dalam kaitannya dengan kegiatan bidang Pengabdian pada Masyarakat, pelaksanaannya dikoordinir oleh ketua Lembaga Pengabdian pada Masyarakat. Kegiatan dilaksanakan baik secara institusional maupun secara mandiri.

Copyright © 2011 IKIP PGRI WATES All Rights Reserved